PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal segera merilis versi terbaru dari mobil sedan Toyota Vios. Kehadiran Vios generasi keempat ini dikabarkan melalui undangan yang diterima redaksi. All New Vios bakal diperkenalkan pada Rabu (12/9/2022). “PT Toyota-Astra Motor mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara Media Gathering All New Vios yang akan dilaksanakan pada Rabu, 12 Oktober 2022,” tulis undangan tersebut.

Seperti diketahui, belum lama ini sempat beredar kabar bahwa Toyota Vios tak lagi diproduksi di pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat. Situasi ini mencuat usai video perpisahan sejumlah pekerja pabrik yang membawa potongan kertas bertuliskan “Sayonara Vios” mencuat di media sosial.

Meski demikian, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dirinya juga tidak membantah kabar tersebut.“Itu hanya medsos, belum ada announcement resmi dari TMMIN,” tulis Bob melalui pesan singkat kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan adanya unggahan tersebut, sontak memunculkan spekulasi bahwa Toyota Vios terbaru tak lagi diproduksi di pabrik TMMIN melainkan didatangkan langsung alias CBU dari Thailand.

Sebagai informasi, Toyota Vios generasi terbaru sudah lebih dulu meluncur di Thailand pada Agustus lalu. Sedan segmen B ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Diketahui Vios generasi terbaru ini memiliki dimensi yang lebih besar dari pendahulunya.

Platform ini juga dipakai pada model seperti Perodua Ativa/Daihatsu Rocky/Toyota Raize serta Perodua Alza/Toyota Avanza dan Veloz/Daihatsu Xenia

Melihat tampilannya, Vios terbaru terlihat mirip dengan Corolla Altis atau Camry dengan wujud yang lebih besar. Bicara soal mesin, Vios di Thailand menggunakan mesin bensin 4 silinder 3NR-VE 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 92 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.400 rpm.

 

Call Now Button